Freelancer Pemula, Simak Tips Jitunya Berikut Ini!

program bpu bpjs ketenagakerjaan


Bekerja menjadi seorang freelancer memang gampang-gampang susah. Tidak terikat kontrak dalam waktu yang lama, membuat jenis pekerjaan ini cukup digemari. Sebelum memutuskan untuk menggeluti dunia freelance, sebaiknya kenali dulu bakat dan minatmu. Keterampilan yang kamu punya akan jadi modal awal untuk membangun karir kedepannya. Kamu harus tau bidang apa yang bikin kamu semangat menjalaninya. Menjadi seorang freelancer bukan berarti tidak bisa mendapat jaminan kerja. Meskipun tidak terikat kontrak pada siapapun, Kamu bisa mendaftar program bpu bpjs ketenagakerjaan. Melalui program tersebut Kamu bisa mendapat jaminan hari tua, jaminan kecelakaan, dan jaminan kematian. Lalu sebelum kamu merencanakan untuk menjadi freelancer, simak dulu tips berikut ini

 

1. Tentukan Tujuan

Saat menjadi freelancer hal pertama yang harus dipikirkan ialah buat tujuan yang pasti. Akan ke arah mana bidang freelance yang ingin kamu ambil. Dengan memiliki tujuan, kamu dapat menentukan langkah-langkah akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, memiliki tujuan juga dapat menjadi motivasimu untuk memulai karier sebagai pekerja lepas. Kenali minat dan bakatmu terlebih dahulu, keterampilan yang kamu punya akan jadi modal awal untuk membangun karir kedepannya. Kamu harus tau bidang apa yang bikin kamu semangat menjalaninya. Ketika kamu sudah menentukan tujuanmu, maka akan terasa lebih mudah kedepannya untuk berkarier sebagai seorang freelance. Apakah kamu nantinya akan menjadikan freelance ini sebagai pekerjaan sampingan atau menjadikannya sebagai fokus utamamu. 

 

2. Buat Target Pelanggan

Pertama, tuliskan setidaknya 5 minat pribadimu, lalu tuliskan 5 industri tempat kamu ingin bekerja. Jika satu minat cocok dengan industri, maka kamu sudah memiliki pilihan niche. Namun, jika lebih dari satu kecocokan, urutkan berdasarkan yang paling menjadi minatmu. Setelah menentukan tujuan atau bidang yang ingin kamu jadikan sebagai lahan mencari uang sebagai freelancer, kamu bisa membuat target pelanggan. Kamu harus mengetahui kepada siapa jasamu akan ditawarkan. Untuk mengidentifikasi calon klien, kamu dapat membaginya menjadi beberapa kategori seperti demografi, atau latar belakang masalah yang mereka hadapi. Ketika kamu sudah memiliki target pelanggan yang akan dicapai maka kamu tidak akan kebingungan dalam memasarkan jasamu.

 

3. Kembangkan Portofolio

Hal yang membuat menjadi freelancer menarik ialah dengan bebas mendapatkan banyak kesempatan kerja tanpa adanya kontrak yang saling terkait untuk waktu yang lama. Jika ingin mendapat tawaran pekerjaan yang lebih banyak kamu bisa memulai mengembangkan portofoliomu. Portofolio menjadi senjata utama untuk menarik pelanggan yang banyak kamu harus membuatnya menarik. Dengan memiliki portofolio kamu dapat menunjukkan tingkat kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki. Adapun portofolio ini dapat kamu isi dengan hasil kerja yang pernah kamu lakukan selama magang atau di pekerjaan sebelumnya. 

 
4. Tentukan Cara Bekerja dan Bayaran

Sebelum memberikan kontrak kerja sama, kamu harus dapat menentukan cara bekerja yang cocok dengan dirimu. Karena yang mengetahui hal tersebut hanya dirimu sendiri.

Apakah kamu bisa bekerja dengan deadline yang cepat atau tidak?

Apakah kamu nyaman dengan revisi yang berulang-ulang atau tidak?

Apakah kamu tipe yang perfeksionis atau fleksibel dengan permintaan klien?

Dengan memahami cara kamu bekerja, dapat membuatmu nantinya dapat bekerja dengan nyaman tanpa beban. 


Itu dia tips menjadi freelancer pemula, selain beberapa tips yang disebutkan di atas kamu juga bisa mengasah skill kamu di website website gratis yang pastinya akan memperkaya nilai jual portofolio.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Freelancer Pemula, Simak Tips Jitunya Berikut Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel