Mengenal Sertifikat GIA Pada Kalung Berlian Asli

 

kalung berlian wanita

Jika Anda sering membeli kalung berlian asli, maka Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya sertifikat GIA. Sertifikat ini sangat penting karena menunjukkan keaslian sebuah perhiasan berlian, termasuk kalung. GIA (Gemological Institute of America) adalah organisasi yang mengeluarkan sertifikat berlian. Selain dijadikan jaminan keaslian perhiasan berlian, sertifikat tersebut juga digunakan untuk menilai kualitas berlian.

Badan Resmi yang Diakui Secara Internasional

GIA adalah badan atau laboratorium resmi perhiasan yang sudah diakui secara internasional. Badan resmi ini telah ada dan dibentuk sejak puluhan tahun lalu. Setiap harinya laboratoriumnya mengeluarkan laporan tentang berlian yang digunakan secara internasional.

Selain GIA, lembaga resmi lain yang memiliki kedudukan sama adalah AGS. Jika kalung yang Anda beli memiliki sertifikasi GIA atau AGS, maka kalung tersebut diakui secara internasional dan bisa dijual di mana saja.

Menampilkan Kelas dan Atribut

Sertifikat GIA berisi berbagai informasi mengenai berlian yang Anda beli. Salah satunya yaitu menampilkan kelas dan atribut. Kelas berlian dibedakan berdasarkan carat weight, color, clarity, dan cut. Keempatnya bisa Anda lihat di dalam sertifikat. Pada color atau warna, kelas paling tinggi adalah D dan paling rendah adalah Z.

Carat weight menentukan berat karat berlian, sedangkan clarity menentukan kejernihan di mana yang paling tinggi adalah FL dan paling rendah adalah I. Sedangkan parameter terakhir adalah cut dengan penilaian paling bagus excellent dan paling jelek poor.

Menampilkan Diagram

Diagram referensi pada sertifikat membantu Anda mengetahui tanda cacat pada kalung berlian wanita yang Anda beli. Sesuai dengan namanya, bentuk informasi ditampilkan dalam diagram. Anda bisa melihat dan menganalisis kualitas berlian melalui diagram tersebut. Namun memang perlu pengetahuan khusus untuk bisa menerjemahkan isi diagram.

Menampilkan Nomor, Jenis, Ukuran Berlian

Hal selanjutnya yang bisa Anda temukan pada sertifikat GIA adalah nomor, jenis, dan juga ukuran berlian. Sama seperti faktor 4C sebelumnya, hal ini juga berpengaruh pada kualitas dan harga kalung yang Anda beli. Nomor bisa membantu Anda memverifikasi sertifikat di website resmi GIA.

Pada karakteristik atau jenis, Anda bisa melihat informasi bentuk berlian. Contoh bentuk berlian yang paling populer yaitu round brilliant. Ada dimensi fisik sebagai informasi tambahan untuk yang membutuhkannya.

Penilaian Melalui Penelitian

Harga kalung berlian yang berbeda-beda memang ditentukan dari kualitas kalung itu sendiri. Ada dua faktor terpenting yang menjadi patokan dalam menentukan kualitas berlian yaitu simetri dan polosan. Kedua faktor tersebut mempengaruhi daya tarik atau penampilan berlian di kalung Anda. Ada juga deskripsi mengenai sifat fluoresensi berlian. Sifat tersebut digambarkan berdasarkan warna dan intensitas yang bersinar.

Keamanan Serta Tanda Keaslian

Bagian akhir sertifikat memiliki fitur keamanan untuk memberikan jaminan bahwa kalung berlian yang dibeli sudah melalui berbagai macam proses pengujian. Ada hologram yang menjadi bukti bahwa sertifikat asli dari GIA. Sedangkan di bagian luarnya ada tanda keaslian berupa kode produk atau stempel yang timbul. Anda bisa melakukan verifikasi keaslian sertifikat GIA secara online juga.

Itulah pembahasan mengenai sertifikat GIA yang sangat penting diperhatikan sebelum membeli kalung berlian asli. Mondial Jeweler adalah brand perhiasan ternama yang juga menggunakan sertifikat GIA. Jadi Anda tidak perlu ragu memilih perhiasan yang diinginkan. Selain terbukti keasliannya, perhiasannya juga memiliki model yang kekinian dan modis. Anda bisa menyesuaikan pilihan modelnya dengan selera. Lihat koleksi Mondial Jeweler di gerai resmi atau website www.mondialjeweler.com.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Sertifikat GIA Pada Kalung Berlian Asli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel