Pentingnya Belajar Parenting Sebelum Menikah

 



Banyak kita jumpai dari seseorang yang menikah tanpa belajar parenting. Karena mereka pikir siap mental untuk menikah dan finansial itu sudah sangat cukup. Urusan anak belakangan karena bisa menyewa baby sister.

Padahal setiap dari kita wajib belajar parenting, terlebih seorang wanita. Belajar parenting adalah salah satu cara menunjukan bahwasannya kita siap untuk menjadi orang tua. Parenting sangat penting dipelajari sebelum menikah dan perlu dipersiapkan.


Alasan pentingnya mempelajari parenting sebelum menikah:

1.     Memiliki Sedikit Waktu Setelah Menikah

Setelah menikah itu berbeda, kita bukan lagi hidup sendiri, mengurusi kehidupan sendiri. Kita sudah menjadi seorang istri untuk suami kita. Banyak sekali tanggungjawab baru yang harus kita pikul.

Mengurus suami, mengurus diri kita, mengurus rumah tangga terlebih apabila kita tinggal bersama mertua itu akan banyak hal yang harus kita kerjakan. Yeah banyak sekali bukan tugas istri, jadi kamu yakin bakal belajar parenting seusai nikah? Mau belajar kapan coba?.

Akan sangat disayangkan jika kamu belajar parenting seusai menikah. Maka buat kamu yang belum menikah mari dicicil sembari membaca buku-buku seputar parenting ataupun dengan menonton video-video yang berkaitan dengan parenting.

2.     Anugerah Mendapat Momongan

Heiii readers memangnya kamu tahu kapan kamu akan punya anak.? Iya sih walaupun kita bisa merencanakan dan tidak langsung program hamil itu bisa. Tetapi kita tidak tahu apa yang akan terjadi.

Kembali lagi manusia hanya bisa berencana Allah yang menentukan. Jangan sampai kamu sudah terlanjur punya momongan eh baru belajar parenting. Hal seperti itu pasti tidak akan maksimal, malah bisa membuatmu stres. Harus mengandung sembari belajar keras dan mengurus rumah tangga oh no tidak terbayangkan ye kan.

Itu akan sangat menguras emosi dan tenaga. Bukan tidak mungkin kamu nantinya akan lebih sering berantem dengan suami karena hal-hal sepele. Jangan sampai itu terjadi yaa redaers.

3.     Orang Tua Pendidik Pertama bagi Anak

Terlebih seorang ibu ia adalah pendidikan pertama untuk buah hatinya. Manusia lahir itu akan tinggal bersama keluarganya yaitu ibu dan ayahnya. Tidak mungkin kan lahir langsung mau dimasukkan ke sekolah.

Sebagai pendidik pertama orang tua benar-benar sangat berperan untuk pendidikan anaknya. Seorang anak itu lahir dalam keadaan suci, orang tuanyalah yang akan menjadikannya mereka Yahudi, Nasrani atau Majusi. Yeah seperti itu kurang lebih kutipan hadisnya yaa readers.

Buah hati akan meniru apa yang ia dengar, dia lihat dan apa yang dicontohkannya kepada anak. So, hati-hati dalam menghadapi anak kecil karena setiap apa yang oang tuanya lakukan akan terekam jelas dalam ingatanya.

4.     Menjadi Orang Tua Sungguhan

Dalam masyarakat kita banyak sekali yang menikah hanya asal menikah tanpa mempunyai visi kedepannya. Yang perlu kita ingat kita ini akan melahirkan sosok generasi bangsa dan juga agama. Sekuat tenaga kita harus memberikan yang terbaik untuk generasi bangsa dan negara kita itu.

Dengan belajar parenting setidaknya kita paham alur yang harus kita lakukan untuk anak kita. Karena setiap masa atau tahunnya anak itu akan tumbuh dan mereka akan belajar dari apa yang kita ajarkan.

Masa anak-anak tidaklah lama, tetapi dimulai dari masa anak-anaklah apa yang diajarkan akan membekas sampai dengan dewasa. Manfaatkanlah dengan baik saat-saat kita menghabiskan masa-masa bersama anak-anak. Jangan sampai kita menyesal dan malah akan menyalahkan diri kita  sendiri. Dapatkan berita terupdate tentang pendidikan di samudrapikiran.com

 

 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Belajar Parenting Sebelum Menikah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel