4 Usaha Ajari Anak Makan Sendiri

 


Ketika anak memasuki usia tertentu, mereka membutuhkan pelajaran terkait berbagai hal yang perlu mereka lakukan sendiri tanpa ada campur tangan orang lain. Peran orangtua sangat diperlukan guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak sempurna. Tidak ada salahnya untuk mengajarkan hidup mandiri pada anak sejak usia dini. Salah satu kegiatan yang wajib Anda ajarkan sejak ia kecil adalah belajar makan sendiri. Dukung anak belajar makan sendiri dengan memberikan alat makan yang menarik dari diskon Fisher Price.

Cara anak belajar makan tanpa bantuan

Memulai persiapan anak belajar makan sendiri bisa Anda mulai sejak anak mulai tahap MPASI, lho! Simak uraian berikut terkait 5 step ajari anak untuk makan sendiri.

1.              Kenalkan teknik finger food

Tips penting yang harus orangtua ajarkan sejak anak mulai usia 8 bulan adalah mengenalkan teknik finger food. Artinya anak mulai belajar mengenali dan menikmati makanan lewat tangannya sendiri.

 

Lebih dari itu anak usia 6 bulan sudah bisa menjangkau benda-benda di sekeliling sehingga orangtua bisa membiarkan anak meraih apa yang diberikan. Pilih makanan padat yang sudah Anda kukus seperti wortel atau kentang kukus, roti bayi dan lain-lain.

2.              Mengenalkan anak pada peralatan makan

Belikan anak peralatan makan dari diskon Fisher Price yang memiliki bentuk menarik. Anda bisa mengenalkan anak pada fungsi sendok yang bisa digunakan untuk makan. Umumnya anak-anak memiliki umur berbeda saat belajar makan dengan sendok, misalnya 1 tahun. Jika anak sudah bisa makan dengan sendok sejak ia berusia kurang dari 1 tahun, maka Anda patut berbangga dengan pertumbuhan dan perkembangan yang lebih cepat.

3.              Perlu telaten ajari anak (Pelan-pelan)

Memberikan anak peralatan makan, meja dan kursi sendiri bisa mendorong dia semangat belajar makan sendiri. Anda bisa membeli ragam perlengkapan bayi di toko online yang terpercaya agar tidak tertipu produk palsu. Pasalnya, peralatan makan yang telah berstandar SNI terbuat dari material yang aman dan tidak membahayakan kesehatan si kecil.

 

Biarkan anak belajar makan sendiri meski kadang makanan jatuh atau mengotori si kecil. Bukankah pertumbuhan dan perkembangan anak dalam belajar apa saja menjadi prioritas semua orangtua?

4.              Mengerti kapan anak mampu makan mandiri

Orangtua yang bijak tidak menuntut anak bisa melakukan segalanya secara cepat. Anda harus memahami tahapan usia anak belajar makan hingga bisa melakukan kegiatan rutin secara mandiri.

Mengenalkan alat makan bisa dimulai sejak ia kecil, lalu anak akan lihai menggunakan sendok dan garpu pada usia 18 bulan dan ia bisa makan sendiri tanpa bantuan orangtua sejak usia 2-3 tahun. Meski tidak semua anak bisa memiliki perkembangan yang sama, tetapi angka di atas merupakan studi rata-rata yang terjadi pada perkembangan anak di dunia.

Mengajari anak belajar makan sendiri sejak dini agar ia bisa tumbuh menjadi pribadi yang mandiri kelak. Beli set peralatan makan anak yang mendukung perkembangan si kecil dengan memanfaatkan diskon Fisher Price, yuk!

 


Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Usaha Ajari Anak Makan Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel