Cara Membuat Serabi Oncom Khas Dari Jawa Barat!

 




Serabi adalah salah satu makanan yang tidak asing lagi bagi warga yang tinggal di daerah jawa barat. Serabi ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan biasanya di masak di atas tungku menggunakan kayu bakar. Serabi ini biasanya di jual di pagi hari dan di jadikan salah satu makanan untuk sarapan. Sekarang serabi ini sudah memiliki banyak rasa dan jenisnya, ada yang asin dan ada juga yang manis, tapi pada awalnya serabi ini hanya diberi taburan oncom diatasnya. Penjual serabi saat ini sudah mulai sulit untuk di temui, tapi tenang saja karena kamu masih bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat serabi oncom ini sangatlah mudah, jika kamu penasaran yuk langsung saja simak resepnya di bawah ini.

Bahan:

·         125 gram tepung beras

·         125 gram terigu

·         1 sdt garam

·         500 ml santan kental

·         1/2 sdt baking powder

Sambal Oncom:

·         150 gram oncom yang sudah digoreng sampai matang

·         5 buah cabai rawit

·         2 siung bawang putih

·         2 cm kencur

·         Garam secukupnya

Cara Membuat sambal oncom:

·         Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat sambal oncom adalah dengan meghaluskan cabai, bawang putih,kencur dan juga garam.

·         Selanjutnya hancurkan juga oncom yang sudah di goreng.

·         Setelah itu campurkan oncom dengan bumbu halus, dan oncom pun siap untuk digunakan.


Cara membuat serabi:

·         Hal pertama yaitu campur tepung beras, tepung terigu, garam dan juga baking powder, kemudian aduk hingga rata.

·         Setelah semua adonan kering tadi sudah tercamput dengan rata selanjutnya kamu tuangkan santan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk.

·         Setelah adonan di aduk sampai rata kamu harus mendiamkan adonan selama 1 jam sebelum adonan di masak.

·         jika sudah menunggu adonan selama satu jam kemudian panaskan cetakan di api sedang.

·         Tuangkan satu centong sayur ke dalam cetakandan masak dengan api kecil hingga bagia atas serabi memiliki lubang-lubang kecil

·         Jangan lupa untun memberikan taburan sambal oncom diatasnya, tutup cetakan dan tunngu hingga serabi matang.

·         Ulangi semua langkah di atas sampai adonan serabi dan juga sambal oncom habism, dan serabi pun siap untuk disajikan.

Membuat serabi sendiri di rumah sangatlah mudah kan, semoga resep yang sudah di sebutkan di atas bisa membantu kamu ya. Ada kelebihan dari serabi juga yang bisa kamu dapatkan jika kamu mengkonsumsinya, kelebihan serabi diantaranya:

1.       Serabi ini memiliki tekstur yang lembut dan juga empuk sehingga siapa saja bisa mengknsumsinya dari balita, anak-anak, orag dewasa hingga orang tua.

2.       Adonan yang di butuhkan untuk membuat serabi ini juga sangatlah sederhana karena hanya terdiri dari tepung terigu, tepung beras, santan, dan garam.

3.       Cara memasaknya juga sangat simpel kamu hanya perlu memasaknya di dalam cekatan.

4.       Rasa dari serabi ini sangat mudah untuk divariasikan, kamu bisa membuat adonannya menjadi asin atau manis. Selain itu kamu juga bisa menambahkan topping sesuai selera. Temukan Info menarik di situs ini akan ditemukan banyak pengetahuan

5.       Yang terakhir adalah harga serabi yang sangat terjangkau.

Nah mungkin itu saja yang bisa kami bahas pada artikel ini, semoga resep dan informasi yang ada di sini bisa membantu kamu ya. Selamat mencoba membuat serabi sendiri di rumah semoga kamu berhasil ya!

 


Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Serabi Oncom Khas Dari Jawa Barat!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel