Kenalan dengan Ragam Plastik yang Sering Digunakan Pada Produk Rumah Tangga, yuk!

 

pipa pvc

Penggunaan material berbahan plastik sering kali disalahartikan karena dianggap tidak ramah lingkungan. Padahal dalam kegiatan rumah tangga, penggunaan material plastik tidak bisa lepas dan justru lebih fungsional sekaligus tahan lama. Contohnya terjadi pada penggunaan material pipa PVC untuk pipa saluran air yang justru lebih baik penggunaannya dibandingkan dengan pipa berbahan dasar logam. Hal ini lantaran penggunaan pipa berbahan dasar logam cenderung lebih mudah terkena korosi, cenderung lebih mahal sekaligus mudah pecah.

Untuk itu, penggunaan bahan plastik pada produk rumah tangga bisa dipandang sebelah mata. Terpenting adalah melihat fungsi serta keamanan penggunaannya, apalagi untuk urusan keperluan rumah tangga. Agar tidak salah kaprah, yuk kenalan dengan jenis bahan plastik yang sering digunakan pada produk rumah tangga, sebagai berikut.

       Plastik Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS)

Jenis plastik yang satu ini cukup sering ditemui pada produk rumah tangga, terutama furniture seperti meja dan kursi serta juga perpipaan. Bahkan, plastik ABS juga bisa Anda temui pada produk kemasan minuman dan makanan serta pada produk permainan anak seperti lego, lho. Hal ini karena plastik Acrylonitrile Butadiene Styrene ada yang biasa disingkat dengan ABS dinilai cukup kuat, tahan lama sekaligus aman untuk keperluan rumah tangga. Ketahanan plastik ABS terbukti dengan permukaannya yang anti gores sehingga perabot plastik tetap mulus selama penggunaan.

       Polyvinyl Chloride (PVC)

Berikutnya adalah jenis plastik Polyvinyl Chloride atau biasa disebut dengan PVC. Memiliki karakteristik yang ringan, mudah dibentuk sekaligus kuat dan tahan lama membuat plastik jenis PVC seringkali digunakan sebagai bahan baku pembuatan pipa, tikar, karpet hingga mainan. Selain itu, plastik PVC juga tahan terhadap api, korosi dan bahan kimia sehingga penggunaannya sangat cocok untuk perumahan dan juga industri. Meski banyak kelebihan, plastik PVC menjadi salah satu jenis plastik yang cukup sulit untuk didaur ulang.

       Polypropylene (PP)

Selain jenis plastik di atas, terdapat jenis plastik lain yang juga cukup sering ditemui di berbagai perabot rumah tangga salah satunya wadah makanan, yakni Polypropylene atau yang biasa disebut dengan PP. Cukup akrab di telinga, jenis plastik PP memiliki karakteristik ringan, kedap air, mudah dibentuk serta tahan terhadap sinar ultraviolet. Pada proses pembuatannya, plastik PP juga tidak melibatkan zat kimia yang berbahaya seperti Bisphenol A ataupun BPA.

 

Itu dia beberapa jenis plastik yang cukup sering ditemukan dalam produk rumah tangga. Kini penggunaan bahan plastik menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan perabotan dan peralatan karena harganya yang jauh lebih murah, mudah ditemui di berbagai tempat serta perawatannya yang tidak sulit jika dibandingkan dengan produk berbahan dasar kaca dan stainless steel. Anda juga bisa memilih produk berbahan plastik dengan warna yang Anda inginkan untuk mempercantik rumah, ya!

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Kenalan dengan Ragam Plastik yang Sering Digunakan Pada Produk Rumah Tangga, yuk!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel