Tips Pemilihan Susu Untuk Lansia

 

Susu Untuk Lansia

Susu untuk lansia merupakan sebuah nutrisi yang bisa kamu berikan pada mereka yang lanjut usia. Karena mereka yang lanjut usia mengalami penurunan kemampuan fisik maupun berpikir sehingga perlu asupan khusus untuk memenuhi kurangnya gizi sehat pada tubuh mereka. Apalagi jika mereka mempunyai masalah pada tulang, tidak nafsu makan, daya tahan tubuh yang lemah dan sebagainya.

Nah oleh karena itu mereka butuh yang namanya susu untuk lansia atau susu untuk usia mereka. Karena susu untuk mereka yang berusia lanjut banyak merk dan jenisnya, kamu jangan salah memilihkan yaa. Kamu harus memilih berdasarkan saran dari dokter atau bisa juga dengan mengikuti tips berikut.

Manfaat Susu Bagi Lansia

Lansia yang sudah mengalami penurunan kemampuan fisik dan otak bisa kita bantu perbaiki kondisinya dengan asupan yang sehat. Dari mulai susu untuk lansia, sayur, madu, buah dan sebagainya. Untuk susu sendiri pada dasarnya mempunyai banyak sekali manfaat, diantaranya:

  • Adanya asupan susu untuk lansia akan memperlambat terjadinya pengeroposan tulang. Karena di dalam susu terdapat asupan kalsium dan vitamin D yang cukup untuk tubuh mereka.
  • Adanya kalium pada susu akan merawat jantung dan lebih bisa mengontrol peredaran darah sehingga lebih lancar.
  • Seorang lansia yang mengkonsumsi susu maka asupan proteinnya juga akan terpenuhi sehingga massa ototnya akan lebih baik.
  • Mengurangi resiko osteoarthritis atau yang kita kenal dengan pengapuran sendi. Karena memang masalah inilah yang sering terjadi pada usia lansia.

Adanya manfaat-manfaat baik seperti yang telah kita bahas di atas, tentunya kita harus memenuhi asupan tersebut agar kondisi para lansia bisa semakin baik. Nah karena ada banyak merk susu di pasaran, kamu bisa menggunakan tips berikut sebagai pertimbangan sebelum akhirnya membeli susu untuk lansia.

Aneka Tips Agar Bisa Memilih Susu Untuk Lansia

Para lansia yang tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, butuh susu untuk membuat fungsi tubuh lebih optimal lagi. Apalagi mereka yang kurang nafsu makannya, maka segelas susu adalah penolong terbaik untuk kebutuhan tubuh mereka. Namun jika kamu masih bingung harus beli yang mana, maka ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan.

1. Pilih Rasa yang Lansia Suka

Susu yang kita tau mempunyai banyak pilihan rasa, sehingga mereka bisa memilih mau susu yang rasa coklat, vanilla atau plain/tanpa rasa. Biarkan para lansia memilih rasanya, dengan begitu mereka bisa lebih semangat meminumnya dan tidak eneg ketika meminum susu tersebut.

2. Lihat Gizi yang Ada di Dalam Susu

Memilih susu juga harus berdasarkan kebutuhan gizi seorang lansia yaa. Jadi jangan sembarangan, teliti dengan benar kandungan nutrisi yang ada pada susu tersebut. Jika mereka mempunyai kadar gula dalam darah yang lumayan tinggi, maka solusi terbaik adalah memilih susu yang rendah gula saja.

3. Tahu Kondisi Tubuh Lansia

Sebelum mengkonsumsi susu lebih baik memang jika kita mengetahui kondisi tubuh mereka. Bisa melalui pemeriksaan lengkap dari dokter atau dari riwayat kesehatan mereka selama ini. Karena ada lansia yang jika mengkonsumsi susu malah diare atau sebaliknya menjadi susah BAB. Dengan kita tahu kondisi tubuh mereka kita bisa memutuskan mana yang baik untuk mereka konsumsi.

4. Sesuaikan Harga, Kesukaan dan Nutrisi

Orang yang sudah lanjut usia gampang-gampang susah apabila diminta minum susu. Jangan sampai susu yang mahal yang sudah kamu beli tidak terminum oleh mereka. Oleh karena itu antara harga, kesukaan mereka dan nutrisi yang ada di dalam susu harus berkesesuaian. Sehingga kondisi mereka bisa menjadi lebih baik dan memperlambat penurunan fungsi tubuh.

Semoga tips di atas bisa membantu keluarga di rumah yaa, karena kami berharap dengan mereka mengkonsumsi susu untuk lansia dan asupan lainnya bisa memperbaiki kondisi mereka secara general. Sehingga mereka bisa selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang lansia.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Tips Pemilihan Susu Untuk Lansia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel