Manfaat Kalender Siklus Haid Untuk Program Kehamilan

 


Tidak dapat kita pungkiri, bahwa haid bisa menjadi kunci sukses untuk mengetahui kesuburan. Itulah kenapa dalam program kehamilan, Anda harus memperhatikan kalender siklus haid. Tujuannya yaitu untuk mengetahui masa subur.

Dengan siklus haid, kita bisa mendapatkan data yang cukup akurat terkait masa subur. Kini bahkan Anda tidak perlu menghitungnya sendiri. Pasalnya, proses penghitungan bisa menggunakan aplikasi berbasis web yang ada di internet.

Apa Itu Kalender Siklus Menstruasi?

Masa subur biasanya berlangsung setelah menstruasi. Menghitung dan memperkirakan masa subur setelah haid merupakan cara untuk meningkatkan peluang memiliki buah hati. Namun kita tidak tahu apakah masa subur terjadi satu hari, dua hari, atau beberapa hari setelah menstruasi.

Nah, untuk mengoptimalkannya, kalender siklus menstruasi bisa menjadi patokan utama. Secara sederhana, kalender ini juga dikenal dengan sebutan kalender masa subur. Fungsinya yaitu untuk mendapatkan hitungan yang tepat dan akurat masa subur wanita.

Memahami Masa Subur

Biasanya masa subur pada wanita terjadi sekitar 2 hingga 5 hari sebelum masa ovulasi. Itulah kenapa, mengetahui kapan ovulasi sangat penting karena, pada masa ini sel telur dilepaskan dari ovarium. Pada masa ovulasi, rahim harus segera dibuahi dalam waktu 12 hingga 24 jam saja.

Jika sperma dan sel telur bertemu pada masa ovulasi, maka kemungkinan menghasilkan embrio sangat besar. Itulah kenapa, berhubungan intim di masa subur adalah cara yang paling tepat agar pasangan cepat mendapatkan momongan.

Akan tetapi, masa ovulasi wanita akan berbeda-beda. Masa subur tergantung dari berapa lama siklus menstruasi wanita tersebut. Contohnya, seorang wanita dengan siklus haid rata-rata 28 hari, maka masa ovulasinya biasanya terjadi pada hari ke-12 sampai hari ke-14 sesudah menstruasi hari pertama.

Yang menjadi tantangan di sini adalah, masa menstruasi wanita biasanya berubah-ubah. Bahkan biasanya berlangsung 2 hingga 7 hari. Itulah yang juga menjadi alasan kenapa ovulasi pada setiap wanita berbeda-beda.

Cara Menghitung Masa Subur Manual

Berbekal informasi siklus haid, Anda bisa menghitung sendiri kapan masa subur terjadi. Dari penjelasan di atas, sedikit banyaknya kini Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana cara menghitungnya. Berikut kami jelaskan caranya:

1.      Mengetahui Siklus Menstruasi Terpendek

Contoh, jika siklus haid terpendek Anda adalah 27 hari, maka silahkan kurangi 18 dan hasilnya adalah 9. Angka 9 ini, adalah hari pertama Anda berada pada masa paling subur.

2.      Mengetahui Siklus Menstruasi Terpanjang

Contoh, jika siklus menstruasi Anda adalah 30 hari, maka kurangi 11, dan hasilnya adalah 19. Angka tersebut adalah hari di mana Anda paling subur.

Cara Menghitung Menggunakan Kalender Kesuburan

Saat ini Anda tidak perlu menghitungnya secara manual. Pasalnya ada kalender online yang dapat membantu Anda untuk menghitung masa subur. Salah satunya seperti aplikasi kalender kesuburan di website official Prenagen, yaitu www.prenagen.com.

Melalui website tersebut Anda bisa menghitungnya secara mudah. Silahkan Anda masuk ke halaman website tersebut, kemudian pilih menu kalender kesuburan. Setelah itu, Anda hanya tinggal memasukkan informasi terkait siklus pada tabel yang disediakan. Adapun informasinya yaitu seperti:

      Hari pertama menstruasi terakhir.

      Lama siklus menstruasi terpendek (ex: 28)

      Lama siklus menstruasi terpanjang (ex: 32)

Setelah memasukkan data-data di atas, silahkan Anda tekan atau klik tombol “Hitung” yang ada pada bagian bawah tabel. Setelah itu maka akan muncul kapan masa paling subur Anda terjadi.

Demikian informasi seputar pentingnya kalender siklus haid untuk yang sedang menjalankan program kehamilan. Melalui informasi di atas, sedikit banyaknya kini Anda bisa mengetahui kapan masa subur tiba.

 

 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Kalender Siklus Haid Untuk Program Kehamilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel