5 Nutrisi dan Makanan Untuk Otak Anak

 

makanan untuk otak anak

Makanan untuk otak anak harus mengandung nutrisi-nutrisi yang baik bagi perkembangan otak mereka. Hal ini tentunya wajib menjadi pemahaman utama para orangtua, bahwa anak-anak jangan sampai terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Karena kembali lagi makanan mempengaruhi cara berpikir daan otak mereka berkembang.

Dimana otak anak apalagi usia golden age yaitu usia 0 hingga 5 tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Oleh karena makanan untuk otak anak harus mendukung hal tersebut. Agar mereka bisa belajar dengan lebih baik, kemudian bermain secara cerdas, bisa berkonsentrasi atau fokus lebih baik, sesuai tersebut bisa mempunyai control impuls yang baik, merespons sesuatu hal secara tepat, bisa membuat rencana yang masuk akal, dan mereka bisa membuat keputusan terbaik selevel dengan usia mereka.

Otak yang mengalami perkembangan secara baik juga akan menghadirkan sisi anak yang mempunyai kecerdasan emosional lebih baik pada tingkat anak dan mereka juga akan mempunyai mental yang lebih sehat. Maka jangan berikan makanan pada anak secara sembarang, kenali nutrisi pada makanan yang kamu berikan pada anak sesuai dengan kebutuhan mereka.

Macam-Macam Nutrisi Baik Untuk Otak Anak di Usia 0 hingga 5 Tahun

Agar otak anak bisa bekerja optimal sesuai dengan perkembangan usia mereka. Para orangtua harus mempunyai edukasi terkait nutrisi dari makanan untuk otak anak, sehingga bisa memenuhinya dan anak menjadi lebih cerdas.

  • Protein bagus untuk anak usia golden age

Yang pertama nutrisi protein yang bisa kamu peroleh dari olahan kedelai baik itu tahu maupun tempe, kemudian berbagai jenis ikan. Nutrisi jenis ini harus kamu penuhi setiap harinya yaa agar sel saraf dan neuro-transmitter bisa membuat otak aktif dalam penyampaian pesan antar sel saraf neuron.

  • Asam lemak omega 3 bisa memperbaiki hubungan antar neuron

Mengkonsumsi  nutrisi asam lemak omega 3 dari ikan akan membantu otak bisa terorganisir lebih baik loh. Dengan nutrisi ini stimulus kreativitas , kemudian gerak dan hubungan antar neuron bisa berlangsung lebih baik.

Selanjutnya nutrisi dengan nama lain DHA ini juga amat dibutuhkan oleh daya kembang mata loh, khususnya retina bisa mempunyai struktur yang sehat.

  • Kolin dapat memperbaiki daya ingatan anak golden age

Anak-anak yang pada usia emas ini harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kolin. Agar sel otak bisa terbentuk sempurna, kemudian tidak mengalami gangguan transmisi saraf, bisa mengolah informasi dengan baik meskipun anak-anak, dan tentunya daya ingatan mereka akan berkembang lebih baik juga. Selain itu ibu yang masih dalam fase kehamilan harus mengkonsumsi nutrisi ini agar anak jauh dari masalah sumsum tulang belakang ataupun otaknya.

  • Nutrisi zat besi bisa mengoptimalkan neurotransmitter

Neurotransmitter ada di otak yang mana berperan dalam menyampaikan pesan atau informasi sehingga bisa di tangkap otak. Dan selanjutnya dapat meneruskannya pada setiap saraf yang bertanggungjawab pada masing-masing organ tubuh. Diantaranya sistem detak jantung, kemudian saraf pernapasan bahkan bisa memperbaiki konsentrasi anak. Kombinasikan nutrisi ini dengan vitamin C, tujuannya agar penyerapannya bisa berlangsung lebih baik.

  • Nutrisi zinc untuk fungsi kerja otak optimal

Kamu bisa menemukan nutrisi ini pada berbagai bahan alam kacang-kacangan agar anak yang mengkonsumsi ini fungsi kerja otaknya optimal. Sehingga terhindar dari resiko ingatan yang butuk dan penangkapan pelajaran yang buruk juga.

Sebenarnya masih banyak lagi nutrisi yang harus orangtua lengkapi untuk tumbuh kembang otak. Diantaranya nutrisi folat, kemudian kebutuhan iodine, lalu berbagai vitamin yang bisa mengoptimalkan nutrisi lainnya.

Berbagai Makanan Untuk Otak Anak

Nutrisi diatas bisa kamu penuhi dengan pemberian atau pemilihan makanan untuk otak anak secara tepat. Nah berikut ada beberapa makanan untuk otak anak yang bisa kamu kombinasikan ya.

  • Ikan salmon, berdasarkan analisis yang telah dilakukan mempunyai nutrisi asam lemak omega 3 yang bagus bagi anak. Terutama bagi peningkatan daya ingat, kemudian konsentrasi dan keterampilan anak secara mental.
  • Buah bery, buah ini banyak macamnya  dari mulai stroberi, kemudian blueberry dan lain sebagainya. Pada buah ini akan kamu temukan antioksidan yang bagus bagi memori anak.
  • Berbagai olahan susu, nutrisi yang akan kamu temukan pada susu dan berbagai olahan lainnya mempunyai nutrisi protein dan juga vitamin yang bisa membuat jaringan otak tumbuh lebih baik.
  • Berbagai sayuran yang berwarna akan mampu membuat sel yang ada pada otak anak berkembang secara kuat dan sehat.
  • Daging sapi, kemudian kacang, dan juga biji-bijian yang lain akan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak akan protein, lalu zat besi, zinc, berbagai vitamin, dan folat.
  • Dan telur juga sumber nutrisi baik bagi anak usia golden, karena otak akan berkembang secara lebih sempurna.

Nah coba kombinasikan makanan untuk otak anak di atas ya, pastikan mereka mengkonsumsi makanan dengan nutrisi di atas setiap hari dan kurangi pemberian gula ataupun makanan yang memperburuk daya kembang mereka.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "5 Nutrisi dan Makanan Untuk Otak Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel