4 Cemilan Dari Singkong Yang Enak

 



Singkong adalah salah satu bahan yang memang banyak dibuat cemilan di indonesia. singkong mempunya rasa yang gurih dan enak sekali dijadikan cemilan apapun. Singkong ini mudah sekali juga ditanam di tanah Indonesia. singkong bisa ditanam saat musim kemarau juga tidak seperti tanaman lainnya. Jika anda ingin mengemil singkong anda bisa mendapatka banyak sekali cemilan dari singkong yang dijual pedagang kaki lima. Cemilan singkong ini juga sangat bervariasi rasanya. Berikut ini adalah beberapa menu masakan rumahan dari singkong yang bisa anda coba.

1.       Combro

Pernahkah anda mendengar cemilansatu ini? Combro adalah salah satu cemilan dari singkong yang memmiliki rasa yang enak. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. bahan-bahan yang anda butuhkan adalah singkong 1 atau 2 kg. setelah itu siapkan garam dan oncom. Oncom yang digunakan sekitar 1 atau 2 potongan besar. siapkan bumbu untuk membuat tumisan oncomnya dari cabe pedas, bawang putih, dan garam.

Anda siapkan parutan kelapa. Kemudian anda parut singkongnya hingga habis. Setelah itu anda peras sisihkan dahul di wadah yang besar. selanjutnya anda hancurkan oncomnya. Setelah itu ulek cabe pedas dan bawang putih. kemudian anda tumis hingga wangi bawangnya. Setelah itu anda masukkan oncom yang sudah dihancurkan tadi. Tambahkan garam dan bumbu penyedap rasa. Setelah itu sisihkan. Kemduian anda ambil singkong yang sudah diparut. Buat pipih lalu ambil isian oncom secukupnya dan taruh di dalam singkong. Bikin bentuk lonjong atau bulat sesuai keinginan anda. setelah itu goreng combro hingga matang.

2.       Misro

Cemilan dari singkong yang satu ini juga bisa jadi cemilan dari singkong yang enak. Misro ini hampir sama dengan combro yang membedakan adalah misro ini manis. Nah anda siapkan singkong 1 kg dan juga gula merah.

Pertama yang harus anda lakukan dalam membuat misro ini adalah dengan memarut singkongnya. Kemudian anda potong gula merahnya menjadi potongna kecil-kecil. Setelah itu isikan pada singkongnya. Dan tutup dan buat bentuk bulat. Setelah itu goreng misronya hingga matang. Misro ini anda bentuk kecil-kecil saja agar lebih nikmat.

3.       Singkong Rebus

Cemilan dari singkong yang satu ini memang bisa dibilang jadul. Meskipun jadul, namun cemilan yang satu ini enak sekali. Seingkong rebus ini bisa anda buat menjadi teman minum kopi. Bahan-bahan yang anda butuhkan hanya singkong dan garam. Namun sebaiknya anda pilih singkong yang tidak lembek ketika direbus agar enak dimakan. Cara memsaknya hanya kupas singkng lalu cuci bersih dan dipotong. kemudian anda taruh dalam panci yang berisi air. Setelah itu anda berikan garam secukupnya. Masak hingga singkongnya empuk.

4.       Keripik SIngkong

Cemilan yang satu ini memang tidak asing dan banyak yang menjual. Keripik singkong ini bisa anda variasikan dengan membuatnya menjadi pedas. Jadi bahan yang anda butuhkan adalah singkong, cabe merah keriting lumayan banyak dan tomat. Anda siapkan juga bawang putih dan gula pasir. Anda bisa kunjungi web www.familyblogger.xyz

Anda kupas singkong dan iris tipis. Setelah itu anda goreng singkongnya hingga krispi. Kemudian anda masukkan bawang putih, cabe dan tomat ke dalam blender untuk dihaluskan. Setelah itu masukkan dalam wajan dan masak hingga mengental. Tambahkan gula pasir lumayan banyak dan aduk lagi. Setelah mengental, masukkan singkong gorengnya dengan api yang kecil saja.


Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Cemilan Dari Singkong Yang Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel